Download Software Gratis etc

PERBEDAAN WINDOWS 32 BIT DENGAN 64 BIT

Author Unknown - -
Home » » PERBEDAAN WINDOWS 32 BIT DENGAN 64 BIT


 

assallamuallaikum kali ini lightning blog akan memberikan sebuah cara mengetahui perbandingan antara windows 32 bit dengan 64 bit .
Perbedaannya ialah jumlah informasi yang mampu ditangani oleh prosesor PC pada saat tertentu. Sedangkan komputer yang dirancang untuk sistem operasi 64-bit memiliki potensi kinerja komputer yang jauh lebih besar, sehingga memerlukan perubahan mendasar dalam merancang sebuah software untuk sistem operasi 64-bit.

Kata “bit” mengacu pada cara komputer menangani informasi dalam kode binary, dimana seluruh data dikenali sebagai serangkaian angka digit yang terdiri dari 1 atau 0. Masing-masing digit dihitung sebagai satu bit, yang artinya prosesor 32-bit dapat memproses 32 digit sekaligus.

Software untuk komputer dengan prosesor 32-bit termasuk sistem operasi seperti Windows, memiliki keterangan khusus untuk menyesuaikan dengan jenis prosesor, hal yang sama juga berlaku pada prosesor 64-bit. Microsoft memproduksi Windows XP dan Vista edisi 32-bit dan 64-bit dan melakukan hal yang sama pada Windows 7.

Ada pula batasan matematis yang signifkan terhadap dua jenis prosesor. Prosesor 32-bit hanya dapat bekerja dengan kapasitas memori maksimal mencapai 4GB dan ini biasanya dibatasi 2GB untuk setiap satu DIMM memory. Sementara prosesor 64-bit secara teori, dapat bekerja dengan kapasitas memory hingga 17 juta GB. Prosesor 64-bit juga mampu menangani tugas hingga dua kali lebih cepat.

Keterbatasan memori untuk prosesor 32-bit mulai terlihat jelas ketika Windows Vista, yang memerlukan memory kapasitas besar dan kerap kesulitan menjalankan beberapa program secara bersamaan, bahkan bila menggunakan memory dengan kapasitas penuh hingga 4GB sekalipun.

Sebelumnya, mustahil setiap satu program memerlukan lebih dari 2GB memori, namun beberepa video game moderan kini telah melebihi batas tersebut. Alasan inilah yang membuat prosesor 64-bit menjadi sangat pupuler, sehingga jumlah pelanggan yang tertarik untuk membeli sistem operasi 64-bit makin meningkat.

Windows edisi 64-bit dapat menjalankan sebagian besar software yang dirancang untuk edisi 32-bit melalui modus kompatibitas khusus, namun hasilnya bisa sangat bervariasi. Menggunakan sistem operasi 64-bit juga bisa menimbulkan sedikit masalah pada driver, yang merupakan bagian kecil software untuk mengkordinasi setiap perangkat hardware dengan sistem operasi.
nah bagi sobat yang ingin mengetahui pc sobat atau laptop sobat itu memiliki berapa bit ? maka langsung ikuti cara yang satu ini
apabila operasi sistem sobat Windows 7,8, vista maka cara ngcheck nya dengan cara :
  •  Klik start, 
  • kemudian klik kanan pada ‘Computer’ 
  • dan pilih ‘Properties’
    Di bawah tab ‘System’ kamu bisa melihat tipe sistem yang terinstall di laptop-mu. Biasanya versi 32-bit tertulis sebagai x32 dan versi 64-bit tertulis sebagai x64
 apabila operasi sistemnya Windows xp maka bisa ngechecknya dengan cara :
  • Klik start, 
  • kemudian klik kanan pada ‘Computer’ 
  • dan pilih ‘Properties’
    Jika kamu tidak melihat tulisan ‘x64 Edition’ berarti versi Windows-mu adalah 32-bit. Sedangkan jika ada tulisan ‘x64 Edition’ berarti versi Windows-mu adalah 64-bit.
kurang lebih seperti itu lah perbandingan windows 32bit dengan windows 64 bit kalo sobat menemukan software yang tidak berjalan dikomputer sobat itu penyebabnya karena perbedaan bitnya biasanya ada juga software yang bit nya 64 bit namun bit di komputer kita hanya 32bit maka otomatis software kita tidak berjalan .  ok sekian permbahasan perbanbandingan antara windows 32bit dengan windows 64bit .

link sumber : bhinekka

72 Responses so far.

  1. Unknown says:

    @Muhammad Fernanda Raihan Fadlika : kalo belom paham nih bro intinya kalo 64 bit merupakan sebuah bit yang paling maju dan 32 bit itu merupakan bit yang paling lama jadi apabila kita mempunyai sebuah software yang mau nya 32 bit sementara pc kita 64 bit maka software tersebut jalan apabila sebaliknya maka tidak jalan .

  2. Anonim says:

    terima kasih dulu nih untuk pencerahannya.Sepertinya saya mulai mengerti perbedaan tersebut. Prosesor 32 bit memang lebih umum digunakan karena banyak juga yg kurang paham tentang perbedaan tsb dan tentunya harganya lebih murah dibanding yg 64 bit. Saya sendiri masih menggunakan yg 32 bit.
    salam blogger

  3. Kucoba says:

    saya taunya yang 32bit, yang 64 belum begitu mengerti.
    Tapi thanks infonya.

  4. sudah di cek ternyata system operasinya 32 bit

  5. BTW thank's to penjelasannya..

  6. Artikel Yang Sangat Bermanfaat Bro

  7. kalok aku sndiri masih pake yg 32 bit nih. maklum, hardware kurang mendukung, hehehe

  8. HumaidiL says:

    sangat membantu ms bro,,, mw sedikit tambahan ilmu nich aku, kalo ada tulisan "sistem operasi 32-bit, prosesor berbasis x64" ,maksdnya apa ya gan?

  9. Unknown says:

    @HumaidiL : maksudnya tuh hardware sobat hanya support yang 32 bit apabila sobat mau nambahin lagi tinggal di upgrade saja dan prosesornya itu masih yang berbasis x64... thanks telah berkunjung :)

  10. Unknown says:

    @jempot2-office : ya kurang lebih seperti itu bro thanks ya telah berkunjung :)

  11. Unknown says:

    @Kucoba : ya gak papa bro kita juga masih sama sama belajar tapi thanks ya telah berkunjung :)

  12. Unknown says:

    @Info Lomba : ok sama sama sobat jangan lupa balik lagi yo :)

  13. Unknown says:

    @Cari Uang lewat ekiosku.com : thanks bro jangan luppa balik lagi ya :D

  14. Unknown says:

    @Achmed Islamic Hernawan : gak papa bro yang penting ada bitnya dari pada gak ada hehe :D

  15. Jejen says:

    Bro aq mau main game virtua cop 2 di win 7 64 bit ga bisa tapi di win xp bisa gmana tu bro tolong jawabannya ^.^

  16. Unknown says:

    @Aizen dragneel : mungkin itu game virtua cops 2 nya hanya support yang 64 bit dan sementara yang xp sobat itu yang 32 bit mangkanya bisa ...... thanks telah berkunjung :)

  17. Dari artikel di atas sudah cukup jelas perbedaan 32bit dan 64bit.
    Namun yang ingin saya tanyakan,bagaimana cara menentukan kalau laptop kita 32bit ataukah 64bit sebelum kita instal OS Windows?

    Dari spec RAM atau prosesor?.

  18. Anonim says:

    jadi yang terbaik mana kaloe yang 64 bit bisa ada kerusakan..??

  19. Unknown says:

    Apa perbandingannya sob ?
    bingung gua Wkks..

  20. Unknown says:

    agak bingung gan, :( , kunbal gan
    http://softhard4.blogspot.com/2013/07/cara-meningkatkan-traffic-blog-dengan.html

  21. exlusive says:

    makasih infonya yg bermanfaat...kunjungi blog saya ya,,masih pemula saya, baru belajar http://liatsebentar.blogspot.com/

  22. Unknown says:

    Kalo prosesor aku intel core i3,ramnya 4GB, nah aku mau nanya yg cocok untuk itu drpa bit? Yg 32 atau 64 ? Balas ya :D

  23. Unknown says:

    thank you bro imformasinya,aku nyoba 64 bit doain bro mg berasil hehe,,,

  24. andreas says:

    kalo mau tau bedanya, itung aja ; utk 32bit: 2^32. Sedangkan utk 64 bit adl 2^64...

    sangat amat fantastis bedanya...4,2 milyar dibandingkan 18 milyar milyar (gak tau nyebutnya apa ya...)

  25. saya baru tahu, dan laptop saya ternyata 64 bit... hehehehe...
    makasi infonya gan...

  26. Hmmm,,lumayan ngerti sih sedikit mah

  27. Unknown says:

    @Tukang Rokok : syukur kalo ngerti walaupun hanya sedikit heheh thanks atas kunjungannya :D

  28. Biasanya sih klo prosesor 32-bit berbasis x86 bukan x64

  29. Anonim says:

    cara ganti 32 bit menjadi 64 bit gimana?

  30. Unknown says:

    Permisi boleh nambahin??
    Heheheh

    1 perbedaan lagi yang banyak orang di lewatkan,OS 32 bit itu mampu di pasang memory sampai 2GB,saat dipasang 4GB memory hanya akan terbaca 2 GB,jadi apabila memiliki memory diatas 2GB lebih baik menggunakan OS 64 bit,.. Dan 1 lagi OS 32 bit hanya mampu menggunakan HDD maksimal 2Tera,... Untuk penggunakan HDD diatas 2tera gunakan OS 64 bit,...

  31. dito says:

    Terimakasih infonya, oh iya apakah aplikasi 32 bit dapat di jalankan di windows 64 bit?
    setelah saya cek ternyata laptop saya menggunakan prosesor 64 bit namun OS nya 32 bit (Windows 8 Pro) saya berencana install OS yang 64 bit, tapi nanti saya takutnya gak bisa buka aplikasi 32 bit, mohon pencerahannya
    Terimakasih
    ===============================
    www.damarweb.blogspot.com

  32. dito says:

    Terimakasih infonya, oh iya apakah aplikasi 32 bit dapat di jalankan di windows 64 bit?
    setelah saya cek ternyata laptop saya menggunakan prosesor 64 bit namun OS nya 32 bit (Windows 8 Pro) saya berencana install OS yang 64 bit, tapi nanti saya takutnya gak bisa buka aplikasi 32 bit, mohon pencerahannya
    Terimakasih
    ===============================
    www.damarweb.blogspot.com

  33. Unknown says:

    @Hendriana TIF : ya benar saya setuju dengan apa sudah anda katakan terimakasih atas tambahan yang telah sobat berikan sekalius akan memberikan saya ilmu dan sahabat yang lain thanks juga telah berkunjung :D

    @Damar Pramudito Nurjati :itu sih terserah sobat saja lebih baik ganti yang ke os 64 bit karena kebanyakan sekarang aplikasi banyak yang menggunakan 64 bit ntar kalo aplikasi itu hanya sampai di 32 bit tinggal sobat download kembali aplikasi itu namun yang 64 bit biasanya sih bisa kalo misalkan punya sobat itu 64 bit dapat menggunakan aplikasi yang 32 bit thanks telah berkunjung :D

  34. Unknown says:

    pc saya 64bit, kalo diubah jadi 32 bit akan timbul masalah gak gan ? Mohon bantuannya !

  35. Thanks brow infonyaa :)

  36. Thanks brow infonyaa :)

  37. Unknown says:

    bang kalo pentiaum 4 bisa pake 64 bit ga ?

  38. rakatul says:

    Gan, kalo laptop windows xp 32 bit bisa diupgrade jd 64 bit ga? Thanks, maklum newbie

  39. Anonim says:

    Jadi kesimpulannya (software 32 bit) masih bisa di install di (Windows 64 bit), sebaliknya (software 64 bit) tidak bisa di install di (windows 32 bit).

    Thanks mas broo...

  40. Unknown says:

    mmm kalau menurut aq sich kalau 32 bit agak mudah kena virus sedangkan yang 64 bit biarpun tidak memakai anti virus ,komputernya tdk mudah terkena virus.oya terima kasih ya atas infonya.

  41. Anonim says:

    mas,.. pernah pake photoshop ngak untuk design res besar? itu bisa pake 4 GB lebih... makin besar res makin besar makan RAM,.. dan itu sudah dari dulu sejak photoshop di ciptakan... kok di bilang mustahil,...

  42. Anonim says:

    waduh ini komennya ada yg ngaur,.. 32 bit itu mas 4 GB,.. dan dari mana 32 bit hanya bisa 2TB HDD,.. gwa pake xp pro 32 bit dgn HDD 12 TB,... tidak ada masalah...

  43. Anonim says:

    pentium 4 tidak bisa pake 64bit, karena pada dasar nya pentium 4 adalah 32bit... jadi harus gunakan processor yg 64bit...

  44. Anonim says:

    cara melihat OS sudah bisa. tp cara melihat prosesor kita 32 bit ato 64 bit gmn caranya gan gan ?

  45. Unknown says:

    @Anonim : nih bro caranya
    1.Klik Start –> Klik kanan pada Computer -> Klik Properties. Klik pada Windows Experience Index.
    2.Klik pada View and Print detailed performance and system information.
    3.Jika processor sobat kompatibel dengan processor x64 (64-bit), maka pada bagian 64-bit capable akan bertuliskan Yes maka apabila tidak ya sebaliknya ya mungkin hanya itu saja bro ... :D thanks telah berkunjung :)

  46. dodo says:

    terima kasih atas informasi nya

  47. Unknown says:

    thanks ilmunya.... hehe

  48. Anonim says:

    Bro, Klo di windows ada x86 itu berapa bit ?

  49. Unknown says:

    Anonim : 64 bit bro thanks telah berkunjung :D

  50. Daffa Raehansyah Maskhur says:

    Sebelah mana ada tulisannyanya itu gan ??
    Ane dah bukak kaya gini http://prntscr.com/2bs4xn
    Mohon bantuannya ^_^

  51. Unknown says:

    kalau tertulis x86 itu 32 bit atau 64 gan

  52. Unknown says:

    @Renal Espaboy : 64 bit bro thanks telah berkunjung :D

  53. Unknown says:

    gan punya saya 32bt gmn caranya unt ganti ma yg 64bt

  54. Unknown says:

    @Abul Khair : instal ulang bro pc ente dan ganti windows yang 64 bit thanks telah berkunjung :D

  55. Unknown says:
    Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
  56. Unknown says:

    thanks gan atas infonya sangat membantu dan bermanfaat

  57. Unknown says:

    X86 itu 32bit bro. Bukan 64...

  58. Unknown says:

    @ahmad yogie : memang pada aslinya itu X86 itu untuk 32 bit namun karena hanya mampu menangkap kemampuan memori fisiknya hanya 4 gb karena berkembangnya sebuah zaman maka tidak mungkin hanya memiliki segitu saja maka pada akhirnya mereka membuat hingga sekarang mengganti menjadi 64 bit jadi intinya sekarang telah berubah yaitu X86 itu adalah 64 bit terimakasih telah berkunjung :D

  59. Unknown says:

    @DWWWADW : tuh udeh ane kasih link sumber ane kelupaan sorry -_-

  60. Anonim says:

    paham bro, makasih info nya

  61. Unknown says:

    saya pake 32 bit...tp kompi sya tiap hbs di matiin trus d nyalain pilih slh satu program kq programnya has stoped working? apa harus gnti yg 64?

  62. tehaha says:

    Mantap gan, memang gk slah ane msuk ke blog agan. Jd tambah ni ilmu ane, hehehehe

  63. Unknown says:

    ooooooooooh,makasih sob

  64. Anonim says:

    pie toh ademin e ki..
    x86 = 32bit
    x64 = 64bit
    silakan g0ogling dlu bro enaknya..
    32bit / x86 mem0ri yg bs terbaca maks 3,25gb, bukan 2gb saja..
    Itu yg cm bs baca hdd 2tb tu partisi mbr, bkn os 32bit. L0l

  65. Unknown says:

    Betul tuh gan, gak ad windows x32 adanya x64 sama x86

berikan kritik dan saran sobat semua demi untuk kemajuan blog ini

Terimakasih salam hangat Lightning blog